Ransomware Bank BSI

Ransomware Bank BSI

Jurnal Firman – Ransomware Lockbit 3.0 yang diisukan menyerang Bank BSI hingga membuat layanannya terganggu memang bukanlah virus amatiran. Karena virus ini benar-benar melumpuhkan komputer yang terjangkit.

Bahkan jika deteksi serangannya terlambat, dan komputer yang terjangkit terhubung dengan jaringan, maka ada potensi komputer lain juga ikut terserang.

Ransomware sendiri dulunya hanyalah virus yang melumpuhkan komputer yang diserangnya. Namun di versi 3.0 saat ini, virus tersebut juga bisa mengambil data dari komputer yang diserang. Bahkan jika memiliki arsitektur jaringan yang lemah, maka dalang penyebar virus, bisa mencari jalur untuk terhubung ke komputer server dan mengambil sebanyak mungkin data dari sana.

Baca Juga: Kode Bank BSI untuk Transfer ATM

Karena itu, tindakan cepat perlu dilakukan seketika mengetahui adanya serangan virus, dengan mematikan jaringan. Kemudian melakukan pengecekan ke semua unit komputer yang terhubung.

Virus ini sudah melumpuhkan banyak industri. Dan memang rumah sakit dan perbankan sangat berbahaya jika terkena virus ransomware tersebut. Karena itu, semua karyawan harus diberikan wawasan yang lengkap tentang bahayanya virus tersebut.